4 Sistem Pemungutan Pajak yang Sering Digunakan

4 Sistem Pemungutan Pajak yang Sering Digunakan

4 Sistem Pemungutan Pajak yang Sering Digunakan

Agar Pemungutan pajak berjalan dengan lancar, maka pelaksanaan pemungutan pajak kepada wajib pajak harus menggunakan sistem yang tepat, apa saja sistem yang ada dalam pemungutan pajak? Untuk mengetahui jenis-jenis sistem pemungutan pajak, silahkan simak penjelasan berikut:

Sistem pemungutan pajak dengan Semi-Self Assesment System

Dalam sistem ini, proses penghitungan pajak dilakukan oleh masyarakat yang menjadi wajib pajak bersama dengan aparatur pajak. Kemudian wajib pajak melakukan pembayaran pajak yang telah dihitung bersama tersebut.

Sistem Pemungutan pajak dengan Official Assesment System

Dalam sistem ini, proses penghitungan pajak dilaksanakan oleh aparatur pajak atau kantor pajak, sedangkan para wajib pajak tinggal membayar pajak yang menjadi tanggungannya, berdasarkan hasil perhitungan pajak yang sudah dihitung oleh aparatur pajak atau kantor pajak.

Sistem Pemungutan pajak dengan With Holding System

Dalam sistem ini, Proses penghitungan pajak dilakukan oleh pihak ketiga yang telah ditunjuk, jadi baik wajib pajak maupun aparatur pajak tidak melakukan penghitungan besarnya pajak yang harus dibayar wajib pajak.

Sistem pemungutan pajak dengan Self Assesment System

Dalam sistem ini, wajib pajak melakukan sendiri proses penghitungan pajak, setelah diketahui hasil perhitungan besarnya pajak maka selanjutnya wajib pajak melakukan pembayaran pajak sesuai hasil perhitungan yang telah dilakukannya.


Sumber:

https://www.dosenpendidikan.co.id/