VTEC adalah singkatan dari Variable Valve Timing dan Lift Electronic Control, sistem kontrol katup variabel yang dikembangkan oleh pabrikan mobil Honda untuk mesin bensin.

Sistem VTEC ini adalah inovasi kontrol katup yang pertama kali dibuat oleh insinyur Honda, Kajitani Ikuo.

Meskipun sebagian besar produsen mobil di seluruh dunia telah mulai mengembangkan variabel timing katup mereka, seperti Toyota dengan VVT-i, Mitsubishi dengan MiVEC, Nissan Neo-VVL dan sejenisnya.
VTEC adalah salah satu hits terbesar di dunia otomotif dan merupakan merek yang merupakan bagian integral dari konsumen sebagai identitas produk Honda

Sejarah vtec

Pada awal 1980-an, permintaan untuk sepeda motor olahraga bertenaga tinggi meningkat, Honda memutuskan untuk memulai misi untuk mencoba membangun mobil yang memiliki kekuatan mesin tinggi dan kehidupan mesin yang baik.

Setelah studi kelayakan, tim riset dan pengembangan Honda telah memutuskan untuk membangun mobil yang mampu menghasilkan 200 hp per liter dan pemalasan mesin yang stabil.
Tim riset dan pengembangan Honda menemukan bahwa mereka harus menggunakan metode untuk melawan hambatan masuk udara menengah ke bawah.
Solusi untuk metode ini adalah REV (revolusi modulating valve control) atau dapat disebut HYPER VTEC, yang merupakan mekanisme untuk menghentikan bukaan katup.

Sistem ini memiliki tugas menghentikan secara paksa beberapa katup, jika perlu, untuk mengoptimalkan aliran udara dan mendapatkan pemalasan mesin yang stabil dan untuk meningkatkan kehalusan pada kecepatan mesin sedang-rendah.

Mesin pertama yang menggunakan sistem REV ini adalah Honda CBR400F pada tahun 1983.

Dari teknologi REV yang digunakan dalam sepeda motor untuk sepeda motor, Honda telah memutuskan untuk mengembangkan teknologi VTEC yang sama untuk mobil dengan dua profil camshaft, yaitu rotasi mesin dari renda ke menengah dan rotasi dari pusat ke atas.
Mobil pertama yang diproduksi oleh Honda untuk penggunaan VTEC adalah JDM-Integra dan Civic CRX Sir tahun 1989, yang menggunakan mesin 160hp B16A DOHC.

VTEC awalnya dirancang untuk mesin DOHC (double overhead camshaft), variator kecepatan katup dan lift kontrol elektronik bertindak sebagai switch antara mode ekonomi bahan bakar dan mode kinerja tinggi.

Ini dilakukan oleh timing katup yang bergerak dengan kecepatan rendah dan dengan profil kecepatan rendah yang kecil dari mesin untuk mengurangi konsumsi bahan bakar.

Sumber : https://www.hondamobillampung.co.id