Cara Mengatasi Dampak Teknologi Informasi atau Internet

Cara Mengatasi Dampak Teknologi Informasi atau Internet

Memperkuat Iman, mendalami agama yang utamanya ditanamkan pada anak-anak di bawah umur.

  1. Pandai memilah pengembangan iptek yang ada pada saat ini. Maksudnya pilihlah Tekhnologi yang banyak memberikan dampak positif bagi kehidupan, jangan yang sebaliknya.
  2. Mempertimbangkan pemakaian teknologi informasi dalam pendidikan, khususnya untuk anak di yang masih harus dalam pengawasan ketika sedang melakukan pembelajaran dengan teknologi informasi
  3. memberikan pengajaran etika terhadap anak-anak di bawah umur, agar tertanam akhlak dan etika yang bagus pada anak tersebut.
  4. Peran pemerintah sebagai pengendali sistem-sistem informasi yang seharusnya lebih jeli dan menyaring serta memberikan batasan terhadap apa yang dapat di akses oleh masyarakatnya di dunia maya.
  5. Tidak lepas peran dari masing-masing individu, yaitu kesadaran dari tiap-tiap individu dalam penggunakan Iptek tersebut.
  6. Masyarakat harus diberikan pemahaman tentang cara menggunakan teknologi informasi dengan baik dan tidak melanggar etika. Sehingga teknologi informasi dapat dimanfaatkan dengan semestinya.
  7. Pemerintah harus membuat suatu peraturan yang tegas terhadap setiap pelanggaran penggunaa teknologi informasi yang merugikan orang lain dan negara.
  8. Masyarakat juga harus di beri bimbingan untuk menggunakan teknologi yang di kuasai untuk menjalin hubungan yang lebih intens dengan teman atau orang-orang yang sebelumnya telah di kenal didunia nyata. Jangan terobsesi untuk mencari teman-teman baru di Facebook, twitter , atau social media yang lain karena kecenderungan yang terjadi, mereka yang hanya anda kenal didunia maya tidak akan memberikan nilai persahabatan yang saling mensupport antara satu dan yang lain didunia nyata.
  9. Blokir situs-situs dan halaman web yang tidah edukatif serta menimbulkan dampak buruk bagi diri sendiri dan banyak orang.
  10. Atur waktu dan jadwal kegiatan menggunakan teknologi informasi. Agar tidak berlebihan dalam penggunaanya.
  11. Memperkuat nilai-nilai agama yang utamanya ditanamkan pada anak-anak dibawah umur.
  12. Peran Pemerintah sebagai pengendali sistem informasi harusnya lebih jeli untuk menyaring terhadap apa yang masyarakat akses di dunia maya.
  13. Bimbingan orang tua terhadap anaknya juga penting untuk mengendalikan serta menyaring apa saja yang anaknya akses didunia maya sehingga tidak melanggar nilai-nilai agama.

SUmber: https://www.gurupendidikan.co.id/jasa-penulis-artikel/