CARA UNTUK MENCEGAH KORUPSI

CARA UNTUK MENCEGAH KORUPSI

CARA UNTUK MENCEGAH KORUPSI

CARA UNTUK MENCEGAH KORUPSI

1. ADAT SECARA SOSIAL

Anda pasti sudah mengetahui mengenai apa itu adat dan juga hukum sosial. Keduanya adalah peraturan yang tidak tertulis, tetapi harus tetap dipatuhi oleh semua orang yang berada di lingkungan tersebut. Jika ada orang yang melakukan korupsi dan disiarkan beritanya melalui televisi dan juga media online, maka keluarga dari sang pelaku korupsi akan dikucilkan oleh banyak orang.

Pengucilan tersebut bisa jadi dengan mencibir secara terang-terangan atau digunjingkan. Tentu hal itu akan membuat sang keluarga merasa malu, jika masih punya rasa malu. Suatu saat jika keluarga sang pelaku mengetahui bahwa sang pelaku hendak mengulangi lagi perbuatannya, maka mereka akan menjadi orang terdekat yang mencegah sang pelaku.

Jadi adat sosial seperti ini perlu untuk dipertahankan. Tujuannya adalah untuk membuat sang pelaku dan keluarganya menjadi jera. Berbuat kebaikan adalah keharusan, sehingga jika dilakukan dengan memaksa itu tidak apa-apa dan justru itu adalah hal yang seharusnya dilakukan.

2. TANAMKAN AGAMA DAN MORAL KEPADA ANAK SEJAK DINI

Setiap agama pasti akan melarang korupsi. Mengajarkan agama kepada anak sejak dini adalah hal yang sangat penting. Maka dari itu, hal ini dapat mencegah sang anak melakukan tindak kejahatan korupsi ketika dia sudah besar.

Selain itu, dongengkan anak mengenai pendidikan moral sejak dini. Masukkan banyak pendidikan moral melalui cerita-cerita yang menarik, sehingga hal tersebut akan sangat mengena bagi anak-anak dan mereka akan mengingat secara terus-menerus akan dongeng atau cerita tersebut.

Dalam dongeng tersebut, Anda juga dapat memasukkan pesan moral mengenai arti pentingnya bekerja keras. Bahkan Thomas Alfa Edison saja memiliki slogan,”kerja keras 99% dan bakat 1%”. Jadi orang yang bekerja keras dan pantang menyerah suatu saat akan mendapatkan apa yang diinginkan dan semua itu membutuhkan proses.

Anak-anak akan memahami suatu saat nanti dengan menceritakan pentingnya bekerja keras melalui berbagai macam cerita yang berbeda yang mana memiliki pesan moral yang sama. Yang jelas dengan menghargai proses, maka orang akan lebih memahami bahwa yang instan itu biasanya tidak baik, seperti halnya korupsi.


Baca Juga :