Cerita Rakyat Keong Mas

Berikut ini adalah cerita rakyat keong mas yang dapat anda dapat jadikan sebagai referensi bacaan. Alkisah pada zaman dahulu hiduplah seorang raja Kertamerta namanya. Ia adalah raja di kerajaan Daha. Ia pun memiliki dua orang putra bernama Dewi Galuh dan Candra Kirana. Mereka hidup bahagia.

Suatu hari datanglah seorang pangeran bernama Inu Kertapati untuk melamar salah satu dari anak sang raja. Lalu, mereka melangsungkan acara tunangan. Ternyata Dewi Galuh pun juga menaruh hati padanya. Hal ini menyebabkan sang kakak membuat rencana untuk menyingkirkan Candar Kirana dari kerajaan.

Dewi Galuh meminta bantuan penyihir untuk membuat adiknya berupa buruk. Namun sayangnya penyihir itu tidak dapat masuk ke istana. Lalu ia memfitnah Candra Kirana hingga ia dikeluarkan dari kerajaan.

Di perjalanan ia bertemu dengan penyihir jahat lalu diubah menjadi keong. Penyihir tersebut mengatakan bahwa kutukan itu akan hilang saat ia bertemu dengan tunangannya Raden Inu Kertapati.

Suatu hari Raden Inu Kertapati mencari Candra Kirana karena ia tahu bahwa Candra Kirana masih hidup. Ia tak lelah mencarinya hingga suatu hari ia bertemu dengan Candra Kirana. Lalu raden tersebut membawanya pulang ke istana. Tak lupa Candra Kirana mengajak nenek yang selama ini merawatnay saat ia berubah menjadi keong.

Akhirnya setelah sampai di istana ia menceritakan semuanya kepada sang ayah lalu ayah pun minta maaf. Sedangkan galuh dewi melarikan diri ke hutan. Sejak saat itulah Candra Kirana dan Inu Kertapati menikah dan hidup bahagia bersama.

Baca Juga :