Jutaan Data Akun Layanan Pemendek URL Bit.Ly Di Retas

Jutaan Data Akun Layanan Pemendek URL Bit.Ly Di Retas

Jutaan Data Akun Layanan Pemendek URL Bit.Ly Di Retas

Jutaan Data Akun Layanan Pemendek URL Bit.Ly Di Retas
Jutaan Data Akun Layanan Pemendek URL Bit.Ly Di Retas

Setelah salah satu layanan komentar blog popupler, Disqus di retas yang berimbas pada bocornya jutaan database pengguna, insiden serupa ternyata juga menimpa salah satu layanan pemendek URL Bit.Ly. Kali ini setidaknya lebih dari 9 juta data pengguna termasuk di antaranya adalah email dan password pengguna Bit.Ly di retas dan telah bocor ke publik.

Hal ini di ketahui setelah seorang periset dan pakar keamanan digital, Troy Hunt

yang juga merupakan pendiri situs haveibeenpwned dot com berbagi informasi melalui akun Twitternya. Menurut Troy, database pengguna layanan Bit.Ly yang bocor tersebut merupakan database pengguna yang di ketahui berasal dari insiden pelanggaran data yang menimpa Bit.Ly pada 2014 silam.
Muat Lebih

Waspada, Hacker Bisa Ambil Alih Akun TikTok Lewat Celah IniApple Bersedia Membayar Rp 14 M Bagi Penemu Bug di Perangkat MerekaKetahuan Kumpulkan Data, Google Tendang Avast & AVG dari Chrome Web Store

Baca Juga : Awas, Jangan Tergoda Iming-Iming Melacak Ponsel Hilang Dengan No IMEI

Menanggapi cuitan Troy, pihak Bit.Ly pun segera melakukan klarifikasi mengenai

insiden yang menimpa layanan mereka. Dalam sebuah unggahan status pada akun Twitter resmi mereka di @Bitly, mereka mengklaim jika tidak ada yang perlu di khawatirkan tentang insiden ini. Menurut penjelasan pihak Bit.Ly insiden tersebut telah terjadi 3 tahun silam dan pihak Bit.Ly telah mengirimkan notifikasi email yang menginformasikan pengguna tentang insiden pelanggaran data tersebut pada 2014 lalu.

“layanan pihak ke-3 baru-baru ini berbagi kompromi data yang mempengaruhi Bitly

pada tahun 2014. Tidak ada ancaman keamanan saat ini; tidak ada tindakan yang dibutuhkan” Jelas Bit.Ly. Meskipun begitu pada 2014 lalu saat isu mengenai Bit.Ly di retas mengemuka , Mark Josephson selaku CEO Bit.Ly melalui postingan blog resmi mereka membenarkan jika memang sistem mereka telah di susupi.

 

Sumber :

https://mlwcards.com/