Kainama Launching SUNBK Offline Pada SMAN 4 Ambon

Kainama Launching SUNBK Offline Pada SMAN 4 Ambon

Kainama Launching SUNBK Offline Pada SMAN 4 Ambon

Kainama Launching SUNBK Offline Pada SMAN 4 Ambon

Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga (Dikor) Kota Ambon Drs. Beni Kainama, MSi memberikan apresiasi dan bangga kepada Fadli Watiheluw karena sudah membagikan ilmu untuk kemajuan mutu pendidikan di Kota Ambon, khususnya pemasangan Sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer (SUNBK) Offline di SMA Negeri 4 Ambon.

SUNBK Offline yang telah terpasang pada SMA Negeri 4 Ambon sangat berguna untuk memudahkan guru, sekaligus bisa memperoleh SDM yang betul-betul menguasai IT,‚ÄĚkata Kainama saat melaunching Sistem Ujian Nasional Berbasis Komuter Offline di SMA Negeri 4 Ambon, Kamis (1/12/2016).

Dikatakan, generasi muda harus mempunyai masa depan dengan menguasai IT

yang baik, harus mandiri dan tidak mengharapkan orang lain, rajin belajar dan bekerja keras, seperti yang sudah ditunjukkan oleh Fadli Watiheluw dan teman-temannya karena ilmu pengetahuan itu tidak statis namun dinamis.

Kainama minta para siswa harus percaya diri tidak boleh kecil hati tetapi harus semangat menuntut ilmu. Sedangkan para guru diharapkan belajar membuat soal dengan menggunakan SUNBK Offline yang sudah ada di SMA Negeri 4 Ambon.

Programer SUNBK Offline Fadli Husein Watiheluw S.Kom menjelaskan, ada perbandingan antara ujian dengan menggunakan kertas dengan ujian SUNBK Offline. Ujian dengan kertas membutuhkan banyak kertas untuk soal dan LJK, keamanan soal belum tentu terjamin, membutuhkan waktu dalam mengoles soal dan nama pada LJK, LJK bisa saja hilang atau tercecer, membutuhkan waktu lama untuk mengoreksi LJK siswa apalagi jika dalam jumlah yang banyak, serta membutuhkan waktu yang lama untuk mencetak soal-soal ujian.

Sementara untuk ujian UNBK Offline keuntungannya adalah soal ujian terjamin

keamanannya, nilai siswa dapat diketahui langsung, menghemat biaya pengeluaran dan tenaga, tidak tergantung koneksi internet dalam menggunakan sistim, hasil kerja siswa tersimpan secara permanen dalam sistim, menghemat waktu kerja siswa, menghemat waktu kerja guru dan nilai langsung ditampilkan.

Manfaat SUNBK bagi guru adalah memudahkan guru dalam memasukan nilai, dapat mengukur kompetensi siswa secara objektif, dapat digunakan sewaktu-waktu ketika saat pemantapan untuk menguji daya serap siswa, mengurangi beban kerja guru, guru dilatih untuk menyusun instrumen soal ujian yang berstandar.

SUNBK Offline juga memberikan fitur yang menjawab permasalahan diantaranya

waktu ujian yang konsisten, menyimpan hasil ujian pada sistim, Outomatic Submit Nilai, Auto Scyncron dengan Akun siswa, menghemat biaya dan semua soal tersimpan pada sistim.(TM05)

 

Sumber :

https://obatsipilisampuh.id/sejarah-wayang-kulit/