Kepala SDN 4 Halong Ikut Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional

Kepala SDN 4 Halong Ikut Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional

Kepala SDN 4 Halong Ikut Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional

Kepala SDN 4 Halong Ikut Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional

Karya tulis ilmiah dari Maluku dominasi kegiatan penyusunan karya tulis ilmiah bagi

Kepala Sekolah dari 34 provinsi yang digelar Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI di Jakarta belum lama ini.

Penyusunan karya tulis ilmiah bagi kepala sekolah dan penerapannya bagi guru di sekolah, karena saat ini kenaikan tingkat tidak lagi dilakukan DP3 tetapi guru dibekali dengan sebuah penulisan dan pembuatan buku,”kata Kepala SD Negeri 4 Halong Adel Mora, S.Pd. M.Pd di Ambon Rabu (9/11/2016).

Setelah guru dibekali untuk mampu merumuskan penulisan tindakan ilmiah,

dibutuhkan waktu dalam beberapa siklus untuk menentukan apakah pembelajaran yang dilakukan itu bisa meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah atau tidak.

Sedangkan untuk kepala sekolah menurut Mora, mereka dibekali untuk melakukan sebuah penulisan terkait management sekolah, yaitu para guru dalam proses pembelajaran terlebih dulu harus membuat skenario pembelajaran

Penulisan ilmiah bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme guru di bidang pendidikan sehingga bisa diukur prestasi akademik dari sekolah tersebut.

Menurut Mora, dirinya bersama rekan-rekan yang mengikuti Karya Ilmiah tersebut

akan melatih teman-teman sejawatnya untuk menulis karya ilmiah, karena secara kasat mata baik tingkat pusat maupun provinsi pada umumnya guru masih malas untuk menulis dan membaca.

Hasil penulisannya dengan judul Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA, dengan menggunakan model pembelajaran Number Hads Together dan mampu mempresentasikan di depan 33 peserta dari seluruh Indonesia.(TM05)

 

Baca Juga :