manfaat buah jeruk

Manfaat Buah Jeruk

Pengertian Buah Jeruk

Jeruk, salah satu buah yang paling sehat, memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan melindungi dari berbagai masalah. Para ahli mengatakan bahwa buah yang mengandung vitamin ini menurunkan kolesterol dan mengatur tekanan darah. Apakah Anda bertanya-tanya tentang manfaat jeruk bagi tubuh Anda? Manfaat Buah Jeruk yang mengandung Vitamin C adalah:

Oranye adalah sebuah ciri. Jeruk jeruk mengandung vitamin C dan antioksidan.

Kandungan fitokimia mencegah banyak jenis kanker. Jika mengacu pada Boldsky, manfaat jeruk adalah:

Sebelum menjelaskan manfaat buah jeruk, penting untuk dipahami kandungannya. Jeruk sedang (kurang lebih 154 g) mengandung 80 kalori, 0 g lemak, 250 mg kalium, 19 g karbohidrat (14 g gula, 3 g serat) dan 1 g protein.

Jeruk membutuhkan 1% vitamin C, 2% vitamin A, dan% kalsium setiap hari. Jeruk juga mengandung tiamin, riboflavin, niasin, vitamin B6, asam folat, asam pantotenat, fosfor, magnesium, mangan, selenium, tembaga, kolin, zeaxanthin dan karotenoid.

Jeruk adalah sumber vitamin B yang sangat baik seperti tiamin (B1) dan asam folat (biji folat atau B9). Tiamin berperan penting dalam perkembangan, pertumbuhan dan fungsi semua sel di dalam tubuh. Asam folat penting untuk pembentukan sel darah merah dan pertumbuhan serta fungsi sel.

Selain menyimpan banyak air, kulit jeruk dan sukulen ini mengandung lebih dari 170 fitokimia dan 60 flavonoid.

Ragam manfaat jeruk

manfaat buah jeruk

1. Menurunkan kolesterol

Tidak hanya omega-3 pada ikan yang bisa menurunkan kolesterol. Ini juga memiliki efek menurunkan kolesterol jahat karena mengandung serat larut air. Jika kadar kolesterol Anda normal, Anda dapat mengurangi risiko berbagai penyakit.

2. Bagus untuk mata

Selain wortel, mengonsumsi jeruk secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan mata. Apalagi bagi para lansia. Seiring bertambahnya usia, risiko terkena katarak meningkat dengan aksi radikal bebas. Menurut para ahli, antioksidan jeruk bisa mencegah kerusakan ini. Hasilnya, retina mata lebih terlindungi. Studi menunjukkan bahwa mereka membantu mencegah katarak, bahkan pada kelompok berisiko tinggi.

3. Lindungi kulit

Bukan hanya untuk kosmetik, tapi bagi mereka yang ingin menjaga kesehatan kulit dan terhindar dari kerusakan. Ini karena kulit membutuhkan nutrisi yang berbeda dari dalam hingga luar. Makan makanan sehat seperti jeruk pasti salah satunya. Kaya vitamin C, buah ini mengandung antioksidan beta karoten yang melindungi sel kulit dari kerusakan.

4. Lindungi hati Anda

Manfaat jeruk lainnya juga membantu menjaga kesehatan jantung. Mengapa? Menurut para ahli, kulit jeruk mengandung polymethoxylated flavonoids (PMF) dan D-limonene, yang membantu detoksifikasi hati, menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan menjaga keseimbangan gula darah. .. Nah, ketiga hal tersebut berkaitan erat dengan kesehatan jantung.

5. Sistem pencernaan yang lebih baik

Banyak masakan Cina menggunakan kulit jeruk pada daging merahnya. Ini karena kulit jeruk membantu menyerap makanan berlemak. Karena itu, banyak ahli merekomendasikan minum segelas air jeruk nipis untuk menjaga pencernaan. Air lemon yang bersifat asam ini membantu membersihkan sisa makanan yang tersisa untuk pencernaan. Namun, jika Anda mengalami sakit perut, konsultasikan dulu dengan dokter.

6. Mendukung kesehatan tulang

Tubuh membutuhkan vitamin C yang cukup untuk menyerap kalsium dan vitamin D. Jadi, untuk menjaga kesehatan tulang, jangan lupa untuk memasukkan nutrisi ini ke dalam tubuh Anda. Namun, jangan langsung menyikat gigi setelah mengonsumsi jus jeruk. Ini karena asam asetat dalam jus jeruk menyerang enamel gigi.

7. Memperbaiki mood

Selain coklat, jeruk juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan mood. Jeruk mengandung asam folat, yang berperan dalam pembentukan serotonin. Serotonin adalah zat kimia di otak. Penelitian telah menunjukkan bahwa aroma lemon, jeruk keprok, dan jeruk nipis dapat meningkatkan mood dan energi.

8. Mengontrol tekanan darah

Apakah Anda memiliki tekanan darah tinggi? Makan jeruk secara teratur dan cobalah menguranginya secara alami. Buah ini mengandung flavonoid hesperidin. Saat ini senyawa tersebut berperan dalam mengatur tekanan darah. Selain itu, kandungan magnesium pada jeruk membantu menjaga tekanan darah tinggi.