Beberapa orang menyukai keju dan bahkan memperlakukannya sebagai camilan, tetapi yang lain takut untuk mengonsumsinya. Keju adalah makanan yang terbuat dari susu hewani seperti sapi, kambing, domba. Berbagai macam keju, berbagai bahan nutrisi. Namun secara umum, keju kaya akan kalsium, protein, vitamin A, B12, fosfor, riboflavin, magnesium, dan seng (seng), yang merupakan nutrisi penting bagi tubuh.

Keuntungan Keju bagi Kesehatan

40 gram keju mengandung jumlah kalsium yang hampir sama dengan secangkir susu atau yoghurt. Bahan-bahan keju dapat memberikan Anda berbagai manfaat asalkan tidak dikonsumsi berlebihan dan cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari. Berikut ini beberapa manfaat keju untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Manfaat keju untuk ibu hamil dan menyusui

Keju mengandung nutrisi yang dibutuhkan ibu dan bayi. Karena ASI (ASI) merupakan sumber nutrisi penting bagi bayi, kami merekomendasikan makan keju selama menyusui untuk memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi.
Untuk wanita hamil, kami sarankan hanya mengambil keju bertekstur keras seperti keju cheddar, keju semi-lunak seperti keju mozzarella, atau keju pasteurisasi (bukan keju yang terbuat dari susu mentah). Beberapa jenis keju cenderung mengembangkan Listeria monocytogenesis yang berbahaya, sehingga tidak aman untuk asupan kehamilan. Ibu bisa menggabungkan keju dengan makanan kesehatan lainnya seperti salad, sup, roti.

Keuntungan keju kebersihan gigi

Beberapa penelitian berpendapat bahwa bakteri yang terkandung dalam keju akan membantu mencegah kerusakan dan kerapuhan gigi. Dipercaya bahwa keju yang dibuat tanpa menambahkan gula juga dapat meningkatkan kandungan kalsium dan fosfor dalam enamel gigi, sehingga mengurangi risiko karies.
Keuntungan Keju bagi Kesehatan
Menurut sebuah penelitian, anak-anak yang secara teratur makan keju memiliki kepadatan tulang yang lebih tinggi daripada anak-anak yang tidak. Keju dapat menjadi sumber kalsium yang lebih alami dibandingkan dengan suplemen dan vitamin.

Selain beberapa manfaat di atas, keju merupakan salah satu cara untuk melindungi diri dari penyakit tertentu seperti kanker, obesitas (jika lemak dikonsumsi dengan keju yang lebih sedikit, tidak berlebihan), penyakit jantung itu juga dianggap. Penelitian lain menunjukkan bahwa risiko diabetes tipe 2 dapat dikurangi dengan mengonsumsi produk susu yang mengalami proses fermentasi seperti keju dan yoghurt. Anda dapat mendiskusikan rekomendasi untuk keju dan bagian susu lainnya dengan dokter Anda sebelum mengkonsumsinya.
Keju dan cara sehat untuk menikmatinya

Ada berbagai jenis dan tekstur keju seperti keju semi-lunak, keju keras, keju segar, keju biru, keju dicuci, keju proses. Masing-masing keju ini memiliki unsur nutrisi yang berbeda. Misalnya, keju cottage yang termasuk dalam jenis keju segar memiliki banyak kasein, yang merupakan protein yang diperlukan untuk jaringan otot. Tergantung pada jenis keju, kandungan kalsium akan lebih tinggi dibandingkan dengan keju lainnya.

Untuk memaksimalkan manfaat keju, kami sarankan Anda untuk lebih berhati-hati ketika mengevaluasi kandungan keju yang dikonsumsi. Jika Anda ingin menghindari asupan kalori dan lemak tinggi, silakan pilih keju rendah lemak.

Setelah memilih keju mana yang akan dikonsumsi, coba campur keju dengan berbagai makanan sehat lainnya, seperti daging merah, buah-buahan, sayuran. Misalnya, campur keju rendah lemak dengan brokoli atau salmon, keju semi-lunak dan apel, atau roti irisan dan dada ayam.

Keju tidak hanya lezat, tetapi juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Menelan keju dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium, protein, fosfor, dan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, tergantung pada jenis keju, itu juga termasuk tinggi kalori, lemak, dan garam. Karena itu, berhati-hatilah saat memilih keju untuk dimakan

baca juga :