Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga Lengkap

Tentu saja, jika ingin berolahraga, kita semua tahu kebiasaan yang disebut pemanasan. Ternyata manfaat pemanasan sangat baik. Pemanasan sebelum latihan itu sendiri adalah kegiatan kecil yang dilakukan dengan gerakan ringan, dengan tujuan agar otot tidak kram saat berolahraga.

Gerakan pemanasan sangat dianjurkan oleh pelatih olahraga atau guru. Karena tidak ada olahraga yang tidak membawa risiko. Dalam semua olahraga, ada risiko kram otot dan cedera. Meramalkan ini membutuhkan aktivitas yang disebut kebiasaan.

Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga

Tahukah Anda bahwa pemanasan olahraga tidak hanya bermanfaat seperti yang disebutkan di atas, tetapi juga menawarkan manfaat lain? Apa kelebihannya ini? Berikut ini adalah:

Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga

1. Tingkatkan fleksibilitas
Pemanasan sangat penting sebelum berolahraga untuk menjaga fleksibilitas. Karena ada beberapa kasus, salah satunya adalah tubuh yang kaku yang menimbulkan sensasi menyakitkan ketika dipindahkan dengan volume tinggi. Karena itu, otot-otot yang kaku dapat dengan mudah ditekuk dengan pemanasan sehingga tidak menimbulkan rasa sakit yang berarti.

2. Napas mudah
Dari semua pemanasan yang biasa kita lakukan, itu sangat erat kaitannya dengan pola pernapasan. Biasanya, seseorang yang tidak terbiasa berolahraga akan menderita sesak napas ketika langsung diberi energi. Lakukan pemanasan agar sirkulasi udara dalam olahraga inti menjadi lebih stabil.

3. Stabilkan detak jantung
Pernahkah Anda merasakan detak jantung Anda lebih cepat saat berolahraga? Itu normal, tentu saja. Meskipun ini hal biasa, itu tidak bisa diremehkan. Karena ritme detak jantung bisa mengkhawatirkan jika tidak diatur atau distabilkan.

4. Kurangi stres
Siapa yang menyangka bahwa pemanasan bermanfaat tidak hanya bagi tubuh tetapi juga bagi pikiran. Pemanasan yang lebih lama harus meningkatkan mood untuk berolahraga. Dengan demikian, stres dan depresi hilang karena efek relaksasi yang dicapai melalui sirkulasi dan oksigenasi yang konsisten.

5. Pengurangan risiko cedera
Pemanasan membantu memberikan lebih banyak nutrisi ke otot, sehingga mengurangi nyeri otot dan mempercepat pemulihan dari cedera otot dan sendi.

6. Tingkatkan stamina
Pemanasan merilekskan otot dan tendon Anda, mengurangi kelelahan otot dan meningkatkan aliran darah. Semakin lama Anda berolahraga, semakin banyak energi yang Anda bakar, yang biasanya menyebabkan seseorang menjadi lelah. Dengan pemanasan, Anda dapat menunda timbulnya kelelahan otot dengan memastikan bahwa oksigen mengalir secara efisien melalui darah Anda, meningkatkan stamina Anda.

7. Meningkatkan sirkulasi darah
Meningkatkan sirkulasi darah otot. Ini tidak hanya membantu meringankan rasa sakit sebelum pelatihan dan mempersingkat waktu pemulihan, tetapi juga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Sirkulasi darah yang lebih baik meningkatkan pertumbuhan sel dan fungsi organ. Denyut jantung juga akan lebih rendah karena tidak harus bekerja keras dan tekanan darah menjadi lebih merata dan konstan.

8. Meningkatkan kinerja olahraga
Jika otot Anda berkontraksi karena Anda belum melakukan peregangan, mereka kurang efektif selama latihan. Pemanasan rutin sebelum berlari melemaskan semua otot dan membuatnya lebih tersedia saat berolahraga.

9. Meringankan rasa sakit
Pemanasan sebelum berolahraga memberi otot Anda waktu untuk rileks. Peningkatan aliran darah meningkatkan suplai nutrisi ke otot dan mengurangi nyeri otot setelah berolahraga.

10. Menurunkan kolesterol
Seiring dengan diet sehat, latihan fisik yang berkepanjangan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Ini dapat mencegah dan bahkan membalikkan pengerasan pembuluh darah dan membantu mencegah penyakit jantung.

Baca Juga :