Manusia dan Penderitaan

Manusia dan Penderitaan

Manusia dan Penderitaan

Manusia dan Penderitaan

“Kau yang belum merasakan sakit tidak akan tahu rasanya penderitaan” itulah sepintas kalimat yang saya baca dari komik ternama, saya mulai berpikir apa sebenarnya penderitaan tersebut dan bagaimana cara mengatasinya. Nah, pada kesempatan inilah saya akan membahas tentang manusia dan penderitaan.

            Penderitaan adalah suatu kondisi yang telah ditetapkan oleh-Nya, dimana makhluk ciptaan-Nya merasa sakit, tertekan dsb. Manusia tidak dapat terlepas dari suatu penderitaan, hal ini tidak dapat dihindari. Penderitaan dapat kita lihat dalam kehidupan sehari-hari kita, seperti anak jalanan yang masih banyak berkeliaran dijalan, orang yang kurang mampu yang tidak bisa berobat, gelandangan yang tinggal dikolong jembatan dan masih banyak lagi.

            Penderitaan seperti kasus diatas dapat kita atasi dengan bersama-sama mengulurkan bantuan materi dan non materi. Ini sebenarnya sudah dilaksanakan oleh pemerintah hanya saja pelaksanaannya yang sangat tidak baik, seperti pembongkaran paksa rumah-rumah gelandangan serta proses pengobatan yang berbelit-belit. Alangkah baiknya pemerintah melaksanakannya dengan berbicara dari hati ke hati kepada anak jalanan, orang yang kurang mampu dan para gelandangan agar tercapai mufakat dalam mengatasi masalah tersebut.

 

          Kesimpulannya adalah bahwa untuk menyelesaikan suatu penderitaan tidak selalu harus dengan cara kekerasan, cara tersebut hanya akan menambah penderitaan baru. Oleh sebab itu cara yang paling ampuh adalah dengan mengerti satu sama lain dan saling percaya.

Sumber : https://filehippo.co.id/