MASALAH PADA BATERAI SMARTPHONE ANDROID

Berawal dari sebuah Kasus yang terjadi terhadap diri aku yaitu : Pada waktu bekerja secara tak sengaja aku menjatuhkan baterai Galaxy Nexus kelantai,ini terjadi dikarnakan ketidak hati-hatian aku didalam bekerja.

Pada waktu itu aku belum berfikir akan terjadi kerusakan terhadap baterai Galaxy nexus berikut agar terhadap waktu dipasang dan dihidupkan, jreeng…Galaxy Nexus berikut tidak dapat dihidupkan, dan terhadap waktu aku ujicoba di colokkan ke Laptop senantiasa tidak ada input atau isyarat isyarat kehidupan dan begitu juga terhadap waktu dicoba di charger hasilnya senantiasa nihil,tahukan anda kenapa dapat begitu? Yuk kita bahas segala suatu hal berkenaan baterai Smartphone android disini.

Ada beberapa Faktor penyebab kerusakan baterai :

1. Faktor Dari Baterai
· Usia
Pemakaian yang lama atau usia baterai yang telah lama juga juga penyebab kerusakan baterai smartphone android. Biasanya berkiasar antara 2 tahun keatas.
· Limit Pemakaian
Kadang ada batas limit pemakaian dari pihak produsen Smartphone, contoh dibatasi hingga 3 tahun. Kalau didalam bhs lainnya telah kadaluarsa.
· Limit pengecasan
Kadang ada batas limit pengecasan dari produsen, contoh sebuah baterai smartphone berikut dibatasi hingga 1000x, dan jika misalnya lebih dari yang dibatasi itu pasti akan dapat menyebabkan kerusakan atau mengakibatkan baterai drop.
· Baterai Palsu
Baterai palsu atau baterai yang tidak original pasti akan terlampau tidak sama peformanya dibanding baterai yang asli. Biasaya ketahanan dari baterai berikut sangatlah rendah.
· Kerusakan Fisik
Terjadi kerusakan terhadap fisik baterai,seperti baterai bocor,berlubang atau pecah ini dapat terjadi oleh aspek human (manusia).
· Baterai yang tidak benar kontruksinya
Ini terjadi sesungguhnya dari pihak produsennya,kenapa? Bisa saja terhadap waktu pembuatan smartphone berikut diisi oleh pihak produsennya bersama dengan baterai yang tidak cukup pas atau bahkan pembuatan baterainya yang tidak cukup baik,biasanya ini jarang terjadi.

2. Faktor Manusia
Faktor manusia juga terlampau pilih kerusakan terhadap baterai smartphone kita, kenapa? Yuk review pembahasan berikut.
· Waktu mengecas terlampau cepat
Kurang sempurnanya waktu pengecasan juga dapat mengakibatkan menurunkan kinerja baterai, contoh kapasitas baterai kita diwajibkan mengisi penuh hingga 3 jam, namun kita tambah sering mengecas cuma beberap menit atau cuma sebentar.
· Waktu mengecas terlampau lama
Ini adalah kebalikan dari poin yang diatas, umumnya umumnya baterai smartphone batas maximalnya kurang lebih 8 – 12 jam waktu charger selebihnya dapat mengakibatkan baterai soak atau menurun peformanya,lama kelamaan dapat mengakibatkan baterai berikut mengembung layaknya orang hamil ^_^. Memang waktu ini telah ada beberapa dari smartphone yang telah mempunyai teknologi yang mengatasi masaalah tersebut, langkah kerjanya dapat bersama dengan menyingkirkan energi yg masuk ke baterai terhadap waktu baterai berikut telah penuh,tapi bagaiamana bersama dengan teknologi di smartphone kita jika belum layaknya itu? Alangkah baiknya kita berjaga-jaga demi kebaikan.
· Sering Cabut pasang
Kadang kita sering cabut pasang charger ke smartphone kita, mungkin karna ada kepentingan atau hal-hal lain.perlu diingat perihal layaknya ini juga dapat mengakibatkan peforma baterai kita menurun.
· Waktu mengecas yang tidak cukup tepat
Untuk mengecas smartphone itu terlampau direkomendasi terhadap waktu baterai smartphone kita tinggal 30% kebawah. Kadang umumnya dari kita mengecas android terhadap waktu baterai masih terlampau banyak,umpama masih <30% ini juga tidak baik untuk kebaikan baterai kita.berikut tips berkenaan persoalan ini :
¨ Chargerlah Smartphone anda terhadap waktu kapasitas dayanya tinggal >30% (dibawah 30%).
¨ Pada waktu mengecas sebaiknya smartphone anda dimatikan.
¨ Biasakan mengecas hingga indikator baterai penuh.
· Dipakai sambil kerja
Banyak dari kita sering memakai smartphone terhadap waktu lagi di charger, layaknya sambil nelpon,game atau bahkan online. Taukah anda perihal berikut akan banyak memengaruhi terhadap hardware smartphone kita? Ada beberapa penyebab yang dapat ditimbulkan tidak benar satunya overhert atau panas berlebih,kenapa bisa? Karena pemaksaan kinerja smartphone terhadap waktu mengecas akan mengakibatkan panas terhadap smartphone kita. Hal ini juga akan mengakibatkan kinerja baterai kita meningkat dikarenakan terpaksa dan pasti perihal ini juga dapat mengakibatkan baterai kita cepat rusak, dan tidak cuman itu juga dapat mengakibatkan hardware didalam smartphone kita rusak kenapa bisa? Sebab,komponen dari perangkat digital juga smartphone terdiri dari ribuan IC yang digabung untuk membentuk Chip. Dan IC berikut dibentuk dari ribuan komponen yang aktif, sedangkan komponen berikut terlampau rentan panas, jika ada panas yang berlebih melalui dikomponen berikut maka dapat mengakibatkan komponennya rusak. (Untuk jelas persoalan ini dapat baca dasar-dasar elektronik dan elektronika digital).
· Baterai sering dicas terhadap waktu kosong
Kadang dari kita sering mengakibatkan baterai hingga terlampau kosong baru di charger,taukah anda perihal berikut juga dapat menyebabkan kerusakan baterai?
Jika baterai hingga terlampau kosong dikarenakan pemaksaan dari kita untuk menghidupkannya yang berulang dapat dikarenakan kepentingan atau listrik mati maka mungkin baterai berikut dapat kehabisan energi dan bahkan dapat terlampau mati. Hal berikut misalnya dicas lagi dapat mengakibatkan waktu yang lama agar mengakibatkan kinerja baterai yang lebih berat,dan kadang perihal tersbut dapat mengakibatkan baterai terlampau mati dan tidak dapat dipakai lagi jika sebelumnya baterai smartphone berikut telah agak lama.
· Faktor Charger yang tidak tepat
Ini sesungguhnya juga juga dari kesalahan dari manusia itu sendiri,sebab tidak mengatur standar yang telah ditentukan oleh pihak produsen. Berikut kemungkinannya :
Ø Menggunakan alat pengecas yang tak sesuai
Kadang kita sering memakai charger yang bukan kepunyaan dari smartphone itu sendiri, contoh : charger dari BB juga dapat dipakai di Smartphone android. Sering dari kita meniadakan perihal ini padahal kita belum tau bersama dengan pasti berapa standar dari masing-masing chargey arus,tegangan atau energi yang cocok untuk smartphone kita.
Ø Menggunakan Charger yang tidak original
Seandainya baterai kita butuh tegangan 3.7 hingga 5 Volt DC dan sekian miliampere untuk pengisian, lantas sesudah itu si Charger yang tidak orisinil menambahkan tegangan dan ampere melebihi batas yang di telah ditentukan bagaimana menurut anda?, mungkin proses ngecas jadi lebih cepat dari yang standar namun aku yakin baterai akan lebih cepat panas.
Ø Menggunakan Charger yang telah rusak

· Faktor tidak cukup hati-hati
Kadang dari kita sering meniadakan keamanan smartphone kita, sering dari kita bongkas baterai android bersama dengan tidak cukup baik, dan bahkan kadang kita tidak cukup hati hati didalam mengamankannya, layaknya : terjatuh, terhempas,masuk air atau terlindar, Hal berikut dapat mengakibatkan baterai konslet,pecah atau bahkan rusak parah.
· Keliru menghubungkan Charger
kita sering menghubungkan charger ke Smartphone tidak cocok bersama dengan arahan yang benar. Kadang kita tidak menyimak perihal berikut padahal juga juga fatal, kenapa? Begini, kita sering menghubungkan charger terutama dahulu ke smartphone sehabis itu baru di hubungkan ke stop kontak atau sumber listrik terhadap kita tidak menyadarai ada bahaya disana. Taukah anda terhadap waktu charger dihubungkan ke sumber energi akan ada tegangan kejut dan arus yang besar terhadap charger atau dapat dinamakan inrush current kendati telah dipasang pembatas arus dan tegangan terhadap alur charger baterai mungkin itu akan senantiasa terjadi, bayangkan jika arus yang besar itu masuk ke didalam baterai (silahkan dibayangkan), maka lama kelamaan akan terjadi kerusakan terhadap baterai. Lakukanlah pengecasan bersama dengan langkah menghubungkan charger bersama dengan stop kontak atau sumber energi listrik terutama dahulu hingga beberapa detik agar tegangan kejut maupun inrush current hingga terlampau stedy state atau didalam jaman keadaan tunak baru arus dan tegangan akan stabil kembali, tidak perlu lama-lama cukup 3 detik hingga 5 detik saja baru sesudah itu hubungkan cahrger baterai terhadap baterai yang sebelumnya telah mengakses terhadap sumber energi listrik. Dengan begitu kita akan meminimalisir mungkin baterai ngedrop ataupun rusak.

3. Faktor dari Smartphone
Setingan yang memboroskan baterai :
· Setingan Dual band, Maksudnya otomatis pilihan WCDMA dan GSM (untuk jelas persoalan ini dapat baca artikel kita “ “
· Bloetooth,wifi lupa dimatikan
· Berlama-lama bermain Game,Online atau mengakses aplikasi yang berat secara bersamaan bersama dengan waktu yang lama
· Menyalakan Smartphone nonstop hingga habis baterai.
· Menyalakan Live Wallpaper, dll
Sebenarnya banyak perihal yang dapat mengakibatkan baterai boros,saya cuma menerangkan bagian-bagian yang umum saja. Sebenarnya poin ini tidak terlampau banyak memengaruhi baterai,tapi perlu diingat jika kinerja baterai bersama dengan maximal secara berkelanjutan pasti juga dapat mengakibatkan penurunan kinerja terhadap baterai.

Adanya kerusakan Pada Smartphone :
· Terjadinya kerusakan terhadap bagian penguat antena (PA), ini dapat dikarenakan karat, putus jalur, atau kerusakan yang lain disekitar ini, umumnya perihal ini akan mengakibatkan terhambatnya koneksi pencarian isyarat atau tersendatnya isyarat yang masuk kedalam smartphone, dan perihal ini pasti akan mengakibatkan kinerja baterai terlampau maximal agar akan terlampau kuras tenaga baterai kita.
· Gangguan terhadap charger konektor
Terjadinya problem atau kerusakan terhadap charger konektor juga akan mengakibatkan kerusakan terhadap baterai kita. Hal ini dapat terjadi dikarenakan karat, korosi atau dikarenakan yang lain, agar pengecasan akan jadi tidak cukup sempurna dan tidak cukup optimal.
· Dan Kerusakan lain yang dapat mengakibatkan pemakaian baterai yang boros.

Tanda-Tanda Baterai Mulai Ngedrop :
1. Jika waktu mengecas singkat dan waktu pemakain lama maka baterai berikut masih prima.
2. Jika waktu mengecas singkat dan waktu pemakaian yang singkat juga maka baterai berikut telah mulai aus/drop.
3. Jika waktu mengecas lama dan waktu pemakaian juga lama maka baterai kita juga juga masih baik ,biasanya ini terjadi terhadap baterai smartphone yang telah tua/lama.
4. Jika waktu mengecas lama dan waktu pemakaian yang singkat maka baterai kita telah mulai soak,segera ubah bersama dengan baterai baru.

Selengkapnya : https://www.caraflashandroid.com/