MediaTek hadirkan chip Helio P90 dengan AI fotografi

MediaTek hadirkan chip Helio P90 dengan AI fotografi

MediaTek hadirkan chip Helio P90 dengan AI fotografi

MediaTek mengumumkan peluncuran System-on-Chip (SoC) Helio P90, dengan mengusung fitur APU 2.0, generasi baru arsitektur kecerdasan buatan (AI) untuk pemrosesan AI yang mumpuni.

General Manager MediaTek Wireless Communication, TL Lee, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis, menyebutkan bahwa Helio P90 adalah mesin unggul yang mampu memproses AI untuk menyempurnakan citra resolusi gambar.

“Dengan Helio P90, produsen perangkat teknologi dapat menghadirkan perangkat

dengan fitur kamera terdepan, baterai yang tahan lama, kinerja dan kemampuan AI yang sangat maju dan dinamis, sekaligus membuat perangkat mereka mudah diakses bagi konsumen luas di pasar,” ujar Lee.

Dengan kinerja 1127 GMACs (2.25TOPs), Helio P90 menghadirkan terobosan untuk wujudkan AI ke level yang lebih dinamis.

Unit pemrosesan Helio P90 yang dibangun di dalam chip tersebut — APU 2.0 — merupakan arsitektur AI yang didesain oleh MediaTek, dan diklaim mampu mewujudkan pengalaman AI 4X lipat lebih kuat dibandingkan dengan chipset Helio P70 dan Helio P60.

Chip ini disebut membantu pengguna mengoperasikan fitur yang intensif AI dengan lebih mudah, lebih cepat, hasil yang lebih akurat, sekaligus menghemat konsumsi baterai sehingga baterai dapat bertahan lebih lama.

Prosesor inti octa-core Helio P90 dirancang dengan prosesor ganda Arm A75

yang beroperasi hingga kecepatan 2.2GHz dan enam prosesor A55 yang beroperasi dengan kecepatan hingga 2.0GHz. Chip ini memiliki Imagination Technologies PowerVR GM 9446 GPU.

Dengan mesin AI-nya yang kuat, Helio P90 juga diklaim mendukung

pengalaman AI yang lebih cepat, lebih kompleks dan lebih dinamis, seperti deteksi pose foto orang agar pergerakan tubuhnya dapat diikuti dan dianalisa.

 

Baca Juga :