Negara adalah

Negara adalah

Negara adalah

Negara adalah
Negara adalah

”Negara adalah organisasi yang di dalamnya ada rakyat, wilayah yang permanen, dan pemerintah yang berdaulat (baik ke dalam maupun ke luar). Dalam arti luas, negara merupakan kesatuan sosial (masyarakat) yang diatur secara konstitusional untuk mewujudkan kepentingan bersama.”

Di atas merupakan salah satu pengertian Negara secara umum dan luas , jika di jabarkan banyak sekali definisi dan pengertian dari Negara, di tinjau secara literal istilah Negara merupakan terjemahan dari kata asing yaitu state (dalam bahas inggris), staat (dalam bahasa belanda dan jerman), dan etat (dalam bahasa prancis), ketiga kata “state,staat,etat” juga kata yang diambil dari bahasa latin yaitu status atau statum yang berarti  berdiri  tegak dan tetap. Dalam terminology Negara di artikan dengan  organisasi tertinggi di antara suatu kelompok masyarakat yang mempunyai cita- cita untuk bersatu. Ada pun pengertian lain menurut ahli , pengertian negara menurut :

a. George Jellinek : Negara adalah organisasi kekuasaan dari seke-lompok manusia yang mendiami wilayah tertentu.

b. Roger H. Soltau : Negara adalah alat (agency) atau wewenang (authority) yg mengatur atau mengendalikan persoalan-persoalan bersama, atas nama masyarakat.

c. Mr. Kranen-burg : Negara adalah suatu organisasi yang timbul karena adanya kehendak dari suatu golongan atau bangsa.

d. Karl Marx : Negara adalah alat kelas yang berkuasa (kaum borjuis/ kapitalis) untuk menindas atau meng-eksploitasi kelas lain (proletariat/buruh).

e. Logemann : Negara adalah organisasi kemasyarakatan (ikatan kerja) yang mempunyai tujuan untuk mengatur dan memelihara masyarakat tertentu dengan kekuasaannya. Organisasi itu adalah ikatan-ikatan fungsi atau lapangan-lapangan kerja tetap.

f. Max Weber : Negara adalah suatu masyarakat yang mempu-nyai monopoli dalam penggunaan kekerasan fisik secara sah dalam suatu wilayah.

Sumber : https://merpati.co.id/