PENGERTIAN COMPOUND ADJECTIVE DAN CONTOH KALIMATNYA

PENGERTIAN COMPOUND ADJECTIVE DAN CONTOH KALIMATNYA

 

PENGERTIAN COMPOUND ADJECTIVE DAN CONTOH KALIMATNYA

COMPOUND ADJECTIVE

Sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih telah berkunjung di blog ini. masih seputar adjective dalam bahasa inggris. Bagi yang belum mengetahui apa itu adjective dan jenis-jenisnya silahkan lihat pada postingan INI. Oke pada perjumpaan kali ini kita akan membahas salah satu jenis adjective yaitu: Compound adjective. Apa itu compound adjective? Silkahkan ikuti pemabahasan berikut ini.

Pengertian Compound Adjective

Compound adjective adalah sebuah kata sifat yang terdiri dari dua kata atau lebih yang mempunyai fungsi yang sama dengan single adjective(big, white, beautiful, tall, etc)yaitu menjelaskan Noun(kata benda) yang mengikutinya. Contohnya: part-time job, part-time jo.

Dan karena terdiri dari dua kata atau lebih maka penggunaannya dperlukan hypen(-) atau kata penghubung, dan juga memiliki beberapa aturan seperti di bawah ini.
Compound adjective mungkin letaknya bisa berada di depan atau dibelakang noun. Jika compound adjective berada di depan noun, frasa kata ini dengan noun disebut noun phrase. Kata-kata yang membentuk compound adjective akan diberi hyphen hanya jika berada di depan noun. Contoh: Yuda is a part-time worker in a big mall in Surabaya city(Yuda adalah seorang pekerja paruh waktu di mall besar kota surabaya).

Adverb + adjective

Kombinasi adverb + adjective tidak perlu menggunakan hyphen(-) karena sudah jelas, adverb akan menerangkan adjective (tidak ambigu). Contoh: Today is a extreamly hot day (hari ini benar-benar panas).

Pembentukan Compound Adjective

Di bawah ini adalah beberapa pola pembentukan compound adjective yag paling umum.

Nah itulah tadi pembahasan tentang pengertian compound adjective beserta contoh kalimatnya. Silahkan berkomentar di bawah jika ada yang mau ditanyakan atau kurang paham dengan materi di atas. Mohon maaf dan mohon koreksinya juga bila ada kesalahan atau kekurangan dalam penulisan materi. Terima kasih.

Sumber : https://www.sekolahbahasainggris.com/