Pengertian dan Ciri-ciri Gurindam

pernah mendengar kata “Gurindam”? Atau di antara kalian tersedia yang sadar Raja Ali Haji? Hmmmm…. belum pernah mendengar ya? Baiklah, gurindam itu sebuah karya sastra terhitung lho. Nah, dalam artikel ini kami melacak sadar pernah nih apa sih pengertian dan tanda-tanda gurindam. Baru setelah itu kami cari sadar pertalian antara gurindam dengan Raja Ali Haji. Sudah siap Squad?

Apa sih gurindam itu? Gurindam itu merupakan puisi lama yang memuat nasihat atau sindiran.

Gurindam memiliki kandungan ajaran atau nilai-nilai dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai berikut bersifat kebenaran atau sindiran dalam bersikap dan bertingkah laku. Nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam berikut dimaksudkan untuk memberi nasihat.

Oh iya Squad, gurindam itu miliki ciri lho dalam penulisannya. Seperti apa ya ciri penulisan dari gurindam? Simak kata Rogu berikut.

Nah, itu tadi pengertian dan tanda-tanda gurindam. Squad sadar tidak, tersedia keliru satu sastrawan yang sangat tenar dengan gurindamnya? Iya, Raja Ali Haji. Di awal artikel tadi udah sempat disinggung sedikit nama Raja Ali Haji, bukan?

Raja Ali Haji itu merupakan sastrawan dan pahlawan nasional dari Pulau Penyengat, Riau. Beliau miliki gurindam yang sangat tenar yang disebut dengan “Gurindam Dua Belas”. Kenapa disebut dengan “Gurindam Dua Belas”?

gurindam yang dibikin oleh Raja Ali Haji berikut terdiri dari 12 pasal dan dikategorikan sebagai Syi’ir al-Irsyadi atau puisi didaktik. Dikategorikan sebagai puisi didaktik karena berisikan nasihat-nasihat dan wejangan dalam kehidupan.

Coba kamu memperhatikan umpama gurindam berikut ini ya

Kalau bekerja terburu-buru,

tentulah kerja banyak keliru

Coba Squad, maksud dari gurindam berikut apa? Apakah masih relevan dengan kehidupan kami sehari-hari?

Ya, maksud dari gurindam berikut kami dalam bekerja itu hendaknya jangan terburu-buru. Pekerjaan yang dilakukan terburu-buru pasti tidak bakal berhasil dengan baik karena seringkali berlangsung banyak kesalahan di dalamnya.

Baca Juga :