Pengertian Kreativitas Dan Inovasi

Memahami Kreativitas dan InovasiĀ  – Kreativitas adalah kemampuan untuk bertindak atau berpikir untuk menemukan solusi dalam keadaan atau masalah secara rasional. Apa yang bisa membawa hasil yang bermanfaat dan relevan.

Inovasi adalah upaya seseorang untuk menggunakan pemikiran atau pemikiran baru, kemampuan imajinasi, individu dan refleksi di sekitarnya untuk menciptakan produk atau hasil baru untuk dirinya sendiri atau lingkungannya.

Pendekatan Kreatif

Kreativitas adalah proses mental yang melibatkan munculnya ide atau konsep baru (konsep) atau hubungan baru antara ide dan konsep yang ada.

Dari sudut pandang ilmiah, hasil pemikiran kreatif (creative thinking) (terkadang disebut branching thinking) biasanya dianggap otentik dan relevan. Sebagai konsep, alternatif kreativitas adalah kreasi dari sesuatu yang baru.

Kreativitas saat ini dipengaruhi oleh berbagai faktor: faktor keturunan dan lingkungan.

Contoh Definisi Tentang Kreativitas

  • Menangani berbagai kerajinan tangan dari sampah, yang bisa menjadi barang mahal, misalnya, kardus bekas untuk membuat kotak pensil, kotak kertas, kotak pesan, dll.
  • Misalnya, CD bekas yang bisa kita gunakan untuk mendekorasi rumah, mendekorasi pintu dalam ruangan, dll.
  • Contoh lain yang dapat kita gunakan adalah kulit jagung, banyak orang yang tidak tahu atau tidak tahu bahwa kulit jagung yang tidak digunakan memungkinkan kita untuk membuat berbagai kerajinan, seperti bunga, tas dan berbagai dekorasi rumah, yang tentunya sangat ekonomis jadi apakah kita perlu membeli dekorasi rumah di toko atau di pasar.
  • Kita juga dapat menggunakan plastik bekas untuk melakukan berbagai pekerjaan, seperti pakaian plastik daur ulang, hiasan dinding, kantong plastik, dll.

Inovasi

Pengertian Kreativitas Dan Inovasi

Inovasi dapat didefinisikan sebagai proses dan / atau hasil pengembangan penggunaan / mobilisasi pengetahuan, keterampilan (termasuk keterampilan teknologi) dan pengalaman untuk menciptakan atau meningkatkan produk baru (barang dan / atau jasa), proses dan / atau sistem yang memberikan makna atau signifikan (terutama ekonomi dan sosial).

Inovasi sebagai “objek” juga berarti produk atau praktik baru, yang tersedia sebagai alat atau aplikasi dalam konteks komersial.

Biasanya mungkin untuk membedakan berbagai tingkat kebaruan tergantung pada konteksnya: inovasi mungkin baru untuk perusahaan (atau agen / subjek), baru untuk pasar, negara atau wilayah, atau universal baru.

Sementara itu, inovasi mereka dalam “kegiatan” adalah proses penciptaan baru mereka, sering kali diidentifikasi dengan komersialisasi hak cipta mereka.

Contoh definisi inovasi lainnya

  • Inovasi adalah ciptaan baru (dalam bentuk manifestasi atau aset tidak berwujud), memiliki nilai ekonomi yang signifikan (signifikan), yang biasanya dilakukan oleh perusahaan atau, kadang-kadang, oleh individu.
  • Inovasi adalah aplikasi komersial pertama dari produk atau proses baru.
  • Inovasi adalah proses kreatif dan interaktif yang melibatkan pasar institusional dan non-pasar.
  • Inovasi adalah perubahan pengetahuan tentang produk, proses, dan layanan baru; tindakan menggunakan sesuatu yang baru.
  • Inovasi adalah eksploitasi ide-ide baru yang berhasil (eksploitasi ide-ide baru yang berhasil) atau, dengan kata lain, penggunaan / mobilisasi pengetahuan, keterampilan, teknologi dan pengalaman untuk menciptakan produk, proses dan layanan.
  • Inovasi adalah penelitian, pengembangan, dan / atau rekayasa, yang bertujuan untuk mengembangkan nilai praktis dan konteks penerapan pengetahuan baru atau cara-cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam proses produksi atau produksi.

Dengan demikian, penjelasan tentang definisi kreativitas dan inovasi beserta contoh-contohnya mungkin bermanfaat.

Lihat Juga :