Jual perlengkapan kamera yang tepat, ponsel sudah bisa mengambil potret dengan baik. Ini telah menjadi klaim populer untuk menjadi berita utama yang menarik selama beberapa tahun terakhir, hanya untuk benar-benar dibantah dalam artikel yang sebenarnya atau paling tidak dipermudah dengan sejumlah seandainya.

Kami telah berbaris di kelas berat kamera industri – iPhone XS Max, Galaxy Note9, Huawei Mate 20 Pro, LG V40 ThinQ, OnePlus 6T, Galaxy S9, Google Pixel 3 untuk melihat seberapa bagusnya ponsel dalam mengambil foto potret dengan latar belakang tidak fokus. Kami juga akan mengambil beberapa bidikan dengan DSLR full-frame – Nikon D750 – hanya untuk memasukkan berbagai hal ke dalam perspektif.

Sudah 2+ tahun sejak Apple membuat mode Portrait

Sudah 2+ tahun sejak Apple membuat mode Portrait mainstream dengan iPhone 7 Plus. Pada tahun-tahun itu kami telah melihat sejumlah cara berbeda untuk melakukan sesuatu – ada cara Apple dengan pengaturan berbasis telefoto yang memotret potret dengan lensa panjang dan menggunakan lensa sudut lebar untuk deteksi kedalaman. Lalu ada implementasi (umumnya tidak sesukses dan tidak biasa) dengan kamera sudut lebar untuk potret dan sudut ultra lebar untuk mengumpulkan data kedalaman.

Sementara itu, telepon yang lebih terjangkau mengandalkan satu kamera yang sebenarnya untuk mengambil foto, dan yang lain, yang lebih rendah, hanya untuk deteksi kedalaman. Hal ini memungkinkan pembuat untuk menawarkan mode potret yang sangat penting sambil menekan biaya. Ini, bagaimanapun, akan berada di luar ruang lingkup artikel ini, karena kami mencoba untuk melihat bagaimana yang terbaik dari yang terbaik dapat mengatasi tugas yang dihadapi.

Google bersikeras membuat potret kamera tunggal

Di samping semua penembak potret multi-modul ini, ada Pixel 3. Google bersikeras membuat potret kamera tunggal dengan membantu perangkat keras sensor dual-pixel dengan pengenalan subjek dalam perangkat lunak dan hasilnya lebih ‘wow’ daripada tidak. Bayangkan apa yang bisa mereka lakukan dengan dua kamera.

Menjadi yang tertanam kuat dalam diri orang-orang sekarang, kami pikir kami akan meninggalkan masa depan sendirian. Kami mengumpulkan pilihan telepon kelas atas yang kami miliki di kantor dan membawanya pada pemotretan potret. DSLR dengan lensa 50mm cepat menjaga mereka tetap – untuk tujuan referensi.

Siapa yang bermain?

IPhone XS Max ada di sini, generasi terbaru dalam jajaran yang membuat semua orang ingin memiliki semacam mode potret latar belakang buram. Ini adalah implementasi asli dengan lensa telefoto – setara 52mm agak pendek untuk potret jika Anda berasal dari dunia SLR, tapi ini hampir sepanjang kebanyakan ponsel pintar pergi hari ini. Cam utama yang lebih luas adalah sahabat karib dalam skenario ini, memberikan informasi yang mendalam.

Galaxy Note9 menggunakan formula yang sama dan banyak perangkat keras yang mirip (jika tidak persis sama). Cam setara 52mm sekunder mengambil gambar, sedangkan sudut lebar satu mengumpulkan data kedalaman.

Ini sedikit lebih kompleks pada Huawei Mate 20 Pro. Ini punya kamera tele juga, dan yang ini memiliki lensa terpanjang dari kelompok itu – setara 81mm. Ketika mengambil potret, bagaimanapun, itu tidak menggunakan itu dan tembakan yang diambil pada pengaturan ‘3x’ tidak sampai awal dalam hal ketajaman, bahkan jika perspektif dan jarak pemotretan tepat.

LG V40 ThinQ, yang mengemas tiga kamera, menggunakan sudut lebar standar satu untuk mengambil potret, meskipun punya satu telefoto. Keuntungan dari ini adalah Anda akan mendapatkan gambar yang lebih baik dalam kondisi lebih redup, tetapi sisi baiknya adalah potret sudut lebar tidak menyanjung subjek Anda dibandingkan dengan yang diambil dengan jarak fokus yang lebih panjang. Dan jika Anda memiliki lensa telefoto, mengapa tidak menggunakannya?

OnePlus 6T tidak memiliki modul telefoto, tetapi memiliki dua kamera. Ini menggunakan 16MP primer untuk mengambil foto dan unit 20MP sekunder (ingatkan Anda, beresolusi tinggi) untuk mengumpulkan data mendalam.

Berikutnya adalah Samsung Galaxy S9, yang kecil. Hanya ada satu kamera dengan lensa setara 26mm, dan bergantung pada sensor dual pixel untuk mengambil petunjuk apa yang dekat dan apa yang jauh di tempat kejadian – itu sebabnya dibutuhkan beberapa detik untuk menangkap potret dalam mode fokus selektif S9. Tapi ada satu batasan parah – subjek Anda harus berada dalam jarak 50 cm dari telepon.

baca juga :