nitrogen

Sifat-sifat Nitrogen

Bentuk lima orbital nitrogen yang terisi. Dua warna menunjukkan fase atau tanda fungsi gelombang di setiap wilayah. Dari kiri ke kanan: 1s, 2s (diagram untuk menunjukkan struktur internal), 2px, 2py, 2pZ.

Atom nitrogen memiliki tujuh elektron. Di bawah kondisi tanah, mereka diatur dalam konfigurasi elektronik 1s22s22p1x2p1y2p1z. Oleh karena itu, ada lima elektron valensi dalam orbital 2s dan 2p, tiga di antaranya (elektron tak berpasangan). Ini adalah salah satu unsur dengan elektronegativitas tertinggi antara unsur-unsur (3,04 pada skala Pauling), hanya dilampaui oleh klorin (3,16), oksigen (3,44) dan fluor (3,98). [18] Menurut tren periodik, jari-jari kovalen ikatan tunggal adalah 71pm, lebih kecil dari boron (84pm) dan karbon (76pm), tetapi lebih tinggi dari oksigen (66pm) dan fluor (57pm). Anion Nitrida, N3- jauh lebih besar, 146 ppm, mirip dengan anion oksida (O2: 140pm) dan fluoride (F-: 133pm). [18] Tiga energi ionisasi nitrogen pertama adalah 1.402; 2,856; dan 4,577 MJ · mol-1, dan jumlah energi ionisasi keempat dan kelima adalah 16,920 MJ · mol-1. Nitrogen tidak memiliki kimia kimia yang sederhana, karena jumlah yang sangat tinggi ini. [19]

Kurangnya node radial di subclass 2p secara langsung bertanggung jawab untuk banyak sifat anomali dari baris pertama p-blok, terutama dalam nitrogen, oksigen dan fluor. Subframe 2p sangat kecil dan memiliki radius yang sangat mirip dengan kelopak 2s, sehingga memudahkan hibridisasi orbital. Ini juga menghasilkan daya tarik elektrostatik yang sangat besar antara nukleus dan elektron valensi dalam kelopak 2s dan 2p, menghasilkan elektronegativitas yang sangat tinggi. Hypervalence hampir tidak dikenal dalam elemen 2p untuk alasan yang sama, karena elektronegativitas yang tinggi menyulitkan atom nitrogen kecil untuk menjadi atom sentral dalam ikatan ke empat pusat yang kaya elektron karena cenderung menarik elektron secara paksa pada dirinya sendiri. Dengan demikian, terlepas dari posisi nitrogen dalam kelompok 15 dari tabel periodik, bahan kimia menunjukkan perbedaan yang sangat besar dibandingkan dengan berat fosfor, arsenik, antimony, dan kongres bismuth.

Nitrogen dapat berguna jika dibandingkan dengan tetangganya yang berdekatan dengan karbon dan oksigen dan tetangganya yang vertikal di kolom termogenik (fosfor, arsen, antimon, dan bismuth). Meskipun masing-masing unsur periode 2 dari litium ke nitrogen menunjukkan beberapa persamaan dengan unsur-unsur periode 3 dalam gugus berikutnya dari magnesium hingga belerang (dikenal sebagai hubungan diagonal), derajatnya turun secara tiba-tiba setelah pasangan boron-silikon, sehingga kesamaan nitrogen dengan belerang sebagian besar terbatas pada senyawa cincin sulfur nitrida ketika hanya satu dari dua elemen ini yang hadir. Nitrogen jauh lebih mirip dengan oksigen karbon dengan elektronegativitas tinggi dan kemampuannya untuk mengikat hidrogen untuk membentuk kompleks koordinasi dengan menyumbangkan pasangan elektron diam. Ini tidak berbagi tren karbon untuk cathenation, dengan rantai nitrogen terpanjang terpanjang yang terdiri dari hanya delapan atom nitrogen (PhN = N-N (Ph) -N = N-N (Ph) -N = NPh). Karakteristik nitrogen yang dibagi dua tetangga horisontal adalah bahwa ia membentuk sejumlah ikatan, biasanya dengan atom karbon, nitrogen atau oksigen, melalui interaksi pπ-pπ; jadi, misalnya, nitrogen disajikan sebagai molekul diatomik dan karena itu memiliki titik leleh (10210 ° C) dan titik didih (-196 ° C) yang jauh lebih rendah daripada unsur-unsur lain dari kelompok tersebut, karena molekul N2 hanya bergabung dengan interaksi van Der Waals yang lemah dan hanya ada beberapa elektron yang tersedia untuk secara instan menciptakan dipol yang signifikan. Peregangan ini tidak mungkin bagi tetangga vertikalnya; oleh karena itu, nitrit oksida, nitrit, nitrat, nitro-, nitro-, azo- dan diazo-, azida, sianat, tiosianat dan turunan imino tidak eko fosfor, arsenik, antimon atau bismut. Namun, dengan cara yang sama, kompleksitas asam oksida fosfor tidak beresonansi dengan nitrogen.

Sumber : Https://rumusrumus.com/