SMPN 9 Terapkan Program Bersih Sampah Plastik

SMPN 9 Terapkan Program Bersih Sampah Plastik

SMPN 9 Terapkan Program Bersih Sampah Plastik

SMPN 9 Terapkan Program Bersih Sampah Plastik
SMPN 9 Terapkan Program Bersih Sampah Plastik

SMPN 9 Kota Bekasi mulai menerapkan program bersih plastik. Selain sebagain

upaya menjaga lingkungan sekolah dari adanya sampah plastik, juga pendukung pendidikan karakter.

Wakil Kepala Sekolah bidang Humas SMPN 9 Kota Bekasi, Yafitson Zein mengatakan, program bersih plastik mengajak siswa untuk tidak membeli makanan atau minuman dengan wadah plastik atau styrofoam. Program ini baru diterapkan Agustus 2019, diawali dengan sosialisasi kepada siswa, guru, dan pengelola kantin sekolah.

Sejak sekitar satu minggu ini, pihak sekolah mewajibkan 1.200 siswanya untuk membawa wadah makanan atau minuman dari rumah masing-masing. Mereka sangat antusias menyambut program ini.

”Sudah banyak siswa yang membawa wadah makanan ataupun minuman dari

rumahnya, program ini juga kita terapkan untuk guru,” ujarnya, belum lama ini.

Menurutnya, program ini telah membawa dampak positif bagi lingkungan sekolah. Sekolah menjadi lebih asri dan nyaman untuk beraktivitas, baik guru, staf, maupun siswa.

”Kita baru adakan selama 1 minggu dan akan kita pantau terus selama kurun waktu 2 minggu ini. Dampak positifnya sudah terlihat, kami akan segera buat deklarasi sekolah tanpa sampah plastik,” ujarnya.

Ia mengklaim, sampah plastik di sekolahnya telah berkurang mencapai 80 persen

meskipun program ini baru beberapa hari diterapkan. Menurutnya, keberhasilan program tersebut tak terlepas dari partisipasi pengelola kantin keamanan sekolah, serta siswa.

”Jika siswa masih ada yang jajan diluar kami suruh untuk menghabiskan makanan tersebut diluar dan masuk sekolah tanpa membawa sampah plastik dan itu cukup baik perkembangannya,” katanya.

Ia menambahkan, program ini juga sebagai salah satu aksi sederhana untuk pengendalian banjir yang kerap melanda lingkungan sekolah setiap musim hujan.

 

Baca Juga :