SPH Ajak Tokoh Inspiratif Berbagi Pengalaman

SPH Ajak Tokoh Inspiratif Berbagi Pengalaman

SPH Ajak Tokoh Inspiratif Berbagi Pengalaman

SPH Ajak Tokoh Inspiratif Berbagi Pengalaman
SPH Ajak Tokoh Inspiratif Berbagi Pengalaman

Sekolah Pelita Harapan (SPH) kembali menggelar TEDxYouth @SPH di Jakarta, Sabtu (15/9). Dua tokoh muda inspiratif dihadirkan untuk berbagi pengalaman kepada kaum muda. Mereka adalah Tsamara Amany dan Imam Kurniawan.

Tsamara Amany mengatakan TEDxYouth @SPH merupakan wadah untuk berbagi pengelaman dan dapat menjadi salah satu strategi untuk mengajak anak muda bersama-sama membangun bangsa, termasuk mengubah prespsi tentang politik Indonesia. Menurutnya, anak muda Indonesia sebetulnya tidak apatis terhadap politik, tetapi selama ini tidak dilibatkan, sehingga ranah politik tidak menjadi tempat yang menarik bagi mereka.

“Saya senang hadir acara seperti ini (TEDxYouth @SPH, Red) karena dapat berbagi

pengelaman. Apalagi saya pernah berada di posisi antipolitik. Namun, saat ini saya berusaha mengajak anak muda untuk terlibat, karena Indonesia butuh regenerasi untuk memajukan bangsa ini,” kata politisi muda dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ini.

Menurutnya, kaum muda sangat dibutuhkan untuk perubahan bangsa. Hal ini menjadi motivasi baginya untuk terjun sebagai politisi.

Senada dengannya, Co-Founder & Managing Director JogjaSDGs, Imam Kurniawan menyatakan anak muda harus menjadi agen perubahan. Meski memiliki kekurangan fisik sejak lahir, Imam mengaku fokus memperjuangkan hak-hak masyarakat lemah dengan menjadi pekerja sosial.

“Saya cacat fisik sudah 24 tahun dan bukan keinginan saya, apalagi orangtua.

Mereka sudah mengeluarkan banyak uang. Menjadi cacat tentu banyak perlakuan tidak baik yang saya terima. Untuk itu, saya memperjuangkan hak-hak masyarakat dengan mendirikan JogjaSDGs,” ujar Imam yang pernah dianugerahi beasiswa oleh Kementerian Luar Negeri AS melalui “Young East Asian Leaders Initiative” untuk belajar di Arizona State University jurusan keterlibatan sipil dan kepemimpinan.

Menurutnya, ajang TEDxYouth @SPH menjadi wadah untuk anak-anak muda kreatif untuk berbagi pengelaman serta membangun jaringan untuk mencapai sebuah perubahan.

Ketua panitia TEDxYouth @SPH 2018, Matthew Angelo Fernandez Joesep

mengatakan ajang ini telah digelar tiga kali dan menjadi wadah untuk memotivasi generasi muda lewat pengalaman yang dibagi para tokoh inspiratif.

“Pembicara kami berbagi tentang bagaimana mereka secara pribadi dapat memberikan dampak positif kepada dunia. Kami ingin memengaruhi dan memicu inspirasi audiens kami untuk melakukan tindakan yang berarti terhadap masyarakat,” kata Matthew.

 

Baca Juga :