Spirulina, Super Food Yang Kaya Manfaat Kesehatan – Familiar dengan kata superfood? Yup, istilah ini merujuk dalam nutrisi yang terkandung pada dalam bahan-bahan makanan yang memberikan manfaat krusial buat kesehatan tubuh. Salah satu yang lagi ngehits adalah spirulina atau ganggang hijau berwarna biru yang tumbuh pada air tawar dan air asin.

Sudah digunakan sang suku Aztec yg tinggal di Meksiko selama berabad-abad lamanya, sekarang spirulina diolah sebagai suplemen, Masker Spirulina, hingga minuman kesehatan yg dianggap punya khasiat hebat. Apa saja, ya?

Tinggi Nutrisi

Tidak salah bila spirulina masuk dalam jajaran superfood lantaran merupakan galat satu makanan padat nutrisi di bumi. Bahkan namanya kian terkenal sehabis NASA menyebut alga biru-hijau ini dapat dikembangkan pada ruang angkasa buat digunakan sang astronot.

Dalam 7 gram bubuk spirulina kemarau mengandung protein yg setara dengan telur, asam lemak omega 6 & tiga, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, besi, & mineral lainnya. That’s why banyak peneliti yg menyebutnya sebagai satu-satunya kuliner paling bergizi.

Sumber Antioksidan

Spirulina juga digadang-gadang menjadi asal antioksidan yg luar biasa, berkat komponen aktif yg disebut phycocyanin. Zat antioksidan ini yg memberi spirulina rona biru kehijauan yang unik.

Konsumsi spirulina dapat melindungi kerusakan oksidatif yang dapat Mengganggu sel, mulai dari kanker sampai perkara kulit misalnya keriput, kusam, dan tanda penuaan lainnya. Ketimbang mengandalkan Masker Wajah Murah untuk mendapatkan kulit yang lebih muda dan glowing, nir ada salahnya memanfaatkan masker paras berbahan spirulina.

Menurunkan Kadar LDL dan Trigliserida

Banyak superfood yang dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol dursila atau LDL, galat satunya spirulina. Di dalamnya terdapat zat C-phycocyanin yang dapat mencerna lemak & mempertinggi kadar HDL atau kolesterol baik. Dilansir dari situs Healthline, konsumsi spirulina satu gr per hari secara rutin dapat menurunkan kadar trigliserida sebesar 16,3 persen & LDL sebesar 10,1 %.

Membantu Mengendalikan Gula Darah

Manfaat lain menurut spirulina yg sayang dilewatkan adalah membantu mengontrol kadar gula darah. Khususnya bagi penderita diabetes, menjaga kadar gula darah dalam batas normal adalah tugas yang sulit. Tetapi penelitian modern mulai membawa angin segar, berkat kandungan serat & asam linoleat gamma pada spirulina yg mampu menurunkan kadar gula darah.

Efektif Mencegah Anemia

Ada aneka macam jenis anemia, tapi yg paling generik ditandai oleh penurunan hemoglobin atau sel darah merah pada darah. Anemia dapat menyerang seluruh umur, terutama dalam orang tua yang memicu lemas dan lelah berkepanjangan. Tapi kondisi ini dapat dicegah menggunakan konsumsi suplemen spirulina yang bisa menaikkan kadar hemoglobin dan memperbaiki fungsi kekebalan tubuh.

Sumber: Www.BukuMedis.Com