Strategi dan Taktik Pemasaran dalam Lingkup Kehutanan

Strategi dan Taktik Pemasaran dalam Lingkup Kehutanan

Strategi dan Taktik Pemasaran dalam Lingkup Kehutanan

Pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang perlu dilakukan oleh pelaku bisnis baik itu barang atau jasa dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya. Hal tersebut disebabkan karena pemasaran merupakan salah satu kegiatan pelaku bisnisĀ  dimana secara langsung berhubungan dengan konsumen. Dalam era persaingan usaha yang semakin kompetitif sekarang ini, setiapĀ  pelaku bisnis yang ingin memenangkan kompetisi dalam persaingan pasar akan memberikanĀ  perhatian penuh pada strategi pemasaran yang dijalankannya .

Produk-produk yang dipasarkan dibuat melalui suatu proses yang berkualitas akan memiliki sejumlah keistimewaan yang mampu meningkatkan kepuasan konsumen atas penggunaan produk tersebut. Dengan demikian pelanggan mau dan rela untuk kembali menikmati apa yang ditawarkan oleh perusahaan dan menjadi pelanggan yang setia. Sedangkan untuk dapat mendistribusikan kualitas dibidang jasa merupakan hal yang tidak mudah. Oleh karena itudalam proses pendistribusian barang kepada konsumen harus ada perhatian penuh dari manajemen pemasaran paling atas hingga karyawan level bawah.

Salah satu masalah pokok yang menjadi kendala dalam pemasaran adalah banyaknya saingan didalam pasar itu sendiri baik dari produk sejenis maupun dari produk lain. Hal tersebut merupakan tanggung jawab besar yang harus dimenangkan oleh suatu perusahaan jika ingin tetap eksis didalam persaingan bisnis. Persaingan yang semakin tajam dan perubahan-perubahan yang terus terjadi harus dapat dijadikan pelajaran oleh manajemen pemasaran agar dapat secara proaktif mengantisipasi perubahan-perubahan yang terjadi baik untuk masa sekarang dan akan datang. Oleh karena itu, dalam makalah ini akan dibahas mengenai apa itu konsep pemasaran dan konsep bauran pemasaran serta bagaimana strategi dan taktik pemasaran yang baik dan benar.

Strategi Pemasaran adalah pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran, alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan.Disisi lain, strategi pemasaran juga diartikan sebagai logika pemasaran yang digunakan unit bisnis dengan harapan tujuan pemasarannya bisa tercapai (Armstrong dan Kotler, 2000). Sedangkan taktik pemasaran merupakan implementasi dari strategi itu sendiri. Strategi pemasaran bisa berubah-ubah sesuai dengan yang dibutuhkan. Faktor utama yang menyebakan terjadinya perubahan tersebut adalah daur hidup produk, posisi persaingan dan situasi ekonomi.

Beberapa strategi pemasaran yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Pemasaran Langsung (Direct Selling)

Jenis strategi pemasaran ini adalah strategi pemasaran yang dilakukan secara langsung dimana penjual memasarkan produknya kepada konsumen yang telah ditargetkan. Cara ini biasanya dilakukan secara door to door dengan mengandalkan kemampuan persuasif.

2. Komunisasi (Communitization)

Strategi pemasaran ini dilakukan dengan memanfaatkan komunitas yang telah terbentuk (pool model) baik dalam dunia virtual maupun dunia maya. Hal yang dapat dilakukan selanjutnya adalah dengan membangun komunitas baru untuk memberi ruang gerak dalam berbagi informasi.

3. Klarifikasi (Clarification)

Strategi pemasaran ini dilakukan dengan memosisikan tujuan dalam persepsi masing-masing target pasar dengan menonjolkan funsi dan manfaat yang dapat diberikan oleh suatu produk yakni dengan metode (who for and what for).

4. Titik Pembelian (Point of Purchase)

Strategi ini merupakan strategi pemasaran yang dilakukan dengan menempatkan material pemasaran atau iklan di dekat produk yang sedang dipromosikan.

5. Pemasaran Internet (Internet Marketing)

Strategi pemasaran ini dilakukan dengan memanfaatkan internet dalam mempromosikan produk yang akan dipasarkan. Pemasaran yang dilakukan dengan memanfaatkan media-media sosial.

6. Segmentasi Pasar

Strategi ini merupakan strategi yang dilakukan dengan mengelompokkan pasar ke dalam beberapa segmen.