UI dan NEAT bahas isu strategis pembangunan bangsa

UI dan NEAT bahas isu strategis pembangunan bangsa

UI dan NEAT bahas isu strategis pembangunan bangsa

UI dan NEAT bahas isu strategis pembangunan bangsa

Universitas Indonesia (UI) bersama Network of East Asian Think-Tanks Working

Group (NEAT WG) on Inclusive Growth, memberikan dukungan intelektual bagi pengembangan kerjasama negara-negara ASEAN.

NEAT merupakan sebuah jejaring lembaga penelitian di negara-negara ASEAN plus three yakni China, Jepang dan Korea. NAET mempelajari isu-isu yang dihasilkan KTT ASEAN plus three dan isu-isu terkait lainnya di kawasan tersebut.

“Isu strategis di negara kami mampu dijadikan kebijakan di negara-negara Asia

Timur, dengan melibatkan para akademisi. Ini sangat penting karena dapat mendorong para pengambil keputusan membuat kebijakan di tengah-tengah situasi politis saat ini,” ujarnya dalam sambutannya, Kamis (11/07/2013).

Bambang menambahkan, banyak isu penting untuk dibahas seperti kesejahteraan sosial, ekonomi, keamanan yang juga erat kaitannya dengan pertumbuhan ekonomi. Dengan begitu, kata dia, UI juga sedang mempelajari dan menjajaki kemungkinan hubungan kerjasama bilateral.

“Serta membangun persepsi umum tentang Asia Timur, sehingga ada penyesuaian,

supaya sistem layanan publik kurang lebih punya standar layanan yang sama,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Direktur Jenderal Kerjasama ASEAN I Gusti Agung Wesaka Puja mengatakan, kegiatan tersebut digelar dalam konteks meningkatkan people to people oriented, melibatkan para ahli dan peneliti.

“Kegiatan ini adalah sinergi pemerintah dengan akademisi. Lebih mengkristal dalam kontes pembangunan di pilar ekonomi bagaimana mensejahterakan rakyat ASEAN, bersama plus three yakni Korea, China dan Jepang,” tutupnya.

 

Sumber :

http://eventful.com/performers/m-joko-lukito-/P0-001-014219718-0